Tugas IBD 6

Peri Pirdaus (55415335) / 1IA15

 

  • Manusia dan Kegelisahan

Kegelisahan berasal dari kata gelisah yang beraru tidak tenteram hatinya selalu merasa khawatir , tidak tenang, tidak sabar, cemas. Gelisah, dapat diketahui melalui perubahan mental maupun fisik, biasanya penderita akan memasang perasaan tidak nyaman, seperti risih dan bahkan menyendiri, pada fisiknya terlihat lesu, tidak ada tujuan, sedikit berbicara dan memiliki perasaan sedih yang tidak dapat ia ungkapkan dengan mudah.

Setiap manusia yang memiliki mental dan fisik yang sehat pasti akan pernah mengalami fase Gelisah seperti ini, entah dipengaruhi oleh orang lain, pekerjaan, hiburan pun dapat mempengaruhi seseorang seperti musik, bahkan penelitian saat ini mengatakan makanan bisa mempengaruhi orang menjadi gelisah contohnya ketika seseorang tidak terbiasa memakan makanan bersantan ketika memakan makanan mengandung santan yang banyak maka ia akan merasa agak mual dan keceriaannya bisa menurun.

 

Terkadang gelisah dikaitkan dengan hal yang berbau Agama, contohnya didalam Islam ketika ada insan yang gelisah entah karena makanan, pengaruh pekerjaan, musik dsb. maka kegelisahan orang tersebut dapat mengganggu ibadahnya, seperti kehilangan asa atas Tuhannya, tidak serius dalam beribadah karena merasa kurang bersemangat yang akhirnya malah menghancurkan dirinya sendiri dihadapan Tuhannya. Dalam Islam kegelisahan dapat diobati dengan mendengarkan atau melantunkan langsung Ayat Suci Al-Qur’an, memuja dan memuji Allah dan Rasulnya (biasanya disebut dzikir), atau melakukan sholat sunnah untuk meminta penyembuhan atas penyakit gelisah yang sedang diderita kepada Tuhannya.

 

Kegelisahan seseorang dapat mempengaruhi hal yang sedang ia kerjakan, yang akan menurunkan produktivitasnya pada pekerjaannya seperti lesu ketika sehabis mengantar pasangan atau orang tua pulang jauh ke kotanya dan ia harus tinggal dan menetap untuk bekerja, dengan jarak yang sangat jauh inilah yang dicemaskan oleh orang tersebut dan akan membuat dia merasakan gelisah, tentu saja ini akan berimbas pada hal yang ia kerjakan saat itu entah itu sedang melakukan aktivitas diluar kantor atau aktivitas kantornya yang sudah pasti akan ia lakukan dengan perasaan cemas, risih dan terlihat lesu dan inilah yang disebut dengan Gelisah.

 

Referensi :

https://cesarmaul.wordpress.com/manusia-dan-kegelisahan/

https://sanusiadam79.wordpress.com/2013/05/09/manusia-dan-kegelisahan/

Leave a comment