Review Jurnal Implementasi Quantum Computer

quantum-computing-1920

Judul Jurnal
Text Classification using Quantum Machine Learning : A Review
Dibuat oleh : Aniruddh Goteti, Blekinge Institute of Technology, Sweden

Latar Belakang
Machine Learning banyak membuat kemajuan untuk manusia dengan memanfaatkan data, semakin baik Algoritma Machine Learning maka semakin tinggi pula tingkat kompleksitas Algoritma tersebut. Quantum Computer menawarkan kecepatan komputasi yang sangat tinggi berkat Qubit yang dimilikinya, dengan Quantum Computer maka kemampuan Machine Learning akan semakin meningkat dan membuat perubahan yang sangat signifikan untuk kemajuan manusia kedepannya.

Metode Penelitian
Penulis ingin melakukan Klasifikasi Teks dengan metode Supervised Learning Algorithm agar pengklasifikasian dapat berjalan otomatis dan akurat.
Klasifikasi Teks sendiri adalah suatu proses pemeriksaan dokumen menjadi suatu klasifikasi yang sudah ditentukan sebelumnya, dengan metode Supervised Algorithm maka Mesin akan semakin cepat dan akurat untuk melakukan Klasifikasi Teks tersebut.
Namun kelemahan pada Supervised Learning adalah waktu Training yang sangat lama dikarenakan harus melakukan Learning selama berulang-ulang hingga mendapatkan hasil maksimal dan Data yang dipelajari pun sangat banyak dan disinilah Quantum Computer akan sangat membantu sekali untuk Machine Learning.

Kesimpulan dan Tanggapan
Quantum Computer adalah wujud nyata sebuah Imajinasi umat Manusia dimana sebuah Komputer dapat melakukan komputasi kompleks sangat cepat dan akurat, namun saat itu sangatlah sulit karena Komputer Tradisional sendiri hanya mampu memiliki transistor sekecil Atom dimana ini adalah ukuran terkecil yang mampu dibuat. Sekarang ilmuwan sudah menciptakan Quantum Computer dimana transistor tidak lagi sekecil Atom namun lebih kecil dari itu, namun masalah baru ditimbulkan karena untuk menstabilkan transistor sekecil itu maka suhu yang harus diberikan adalah 0-Kelvin.
Dan sekarang Quantum Computer sudah berjalan dengan baik, namun tidak untuk publik, karena Komputasi yang diberikan tidaklah diperlukan oleh kegiatan sehari-hari publik, Quantum Computer ditujukan untuk Riset seperti bidang Fisika, Astronomi, hingga Machine Learning seperti Text Classification di atas, hasil yang akan diterima sangat cepat dan akurat.
Dengan Quantum Computer, peradaban Manusia akan mengalami kemajuan yang sangat cepat bahkan seorang Ilmuwan bernama Prof. Michio Kaku mengatakan kolonisasi Manusia ke Planet Mars sangat memungkinkan karena AI, Machine Learning dan Quantum Computer akan membantu Manusia untuk mempelajari benda sebesar itu.

Leave a comment